Dewasa ini sedang marak isu mengenai Kesehatan Mental (mental health) didengungkan oleh berbagai pihak. Berbagai lapisan mulai dari pemerintah daerah, institusi kesehatan hingga komunitas-komunitas ingin mengembangkan kesadaran masyarakat mengenai aspek Kesehatan Mental. Seorang yang sehat mental dapat dikatakan sebagai seorang yang berada dalam kondisi ‘WELL-BEING’. Oleh karena itu, kondisi well-being ini yang perlu dicapai oleh setiap orang agar ia sehat mental. Salah satu caranya adalah dengan melakukan senam well-being. Senam itu merupakan salah satu bentuk  “karya nyata untuk bangsa”, yaitu gagasan dari bidang Psikologi yang ingin berkontribusi untuk memajukan masyarakat Indonesia. Mari kita ketahui lebih dalam mengenai “senam well-being

Apa itu Senam well-being?

Senam well-being merupakan serangkaian gerakan sistematis yang bertujuan untuk membuat individu merasakan kesejahteraan, yang dikaitkan dengan rasa Bahagia memiliki fisik yang sehat sehingga mengoptimalkan keberfungsian dirinya.Penting diketahui bahwa aktivitas fisik yang sistematis, seperti senam dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Ditambah dengan adanya perasaan positif yang muncul ketika seseorang melakukan Senam well-beingbersama-sama dengan orang lain dalam kelompok/tim, dapat mengarahkan pada kebermaknaan hidup saat melakukannya.

Bagaimanakah Senam well-being?

Gerakan senam well-being tersusun dari gerakan-gerakan senam dasar dengan pola pengulangan sederhana sehinggamudah untuk diingat.Pemilihan gerakan dalam senam well-beingini juga tidak sembarangan. Setiap gerakan senam dipilih dengan tingkatan “low risk”, yang artinya memiliki tingkatan resiko cedera yang rendah. Selain itu, tempo gerakan Senam well-being tergolong lambat-sedang, sehingga mudah untuk diikuti.

Secara umum, gerakan yang ritmisdan teratur dapat membuat tubuh merasakan rileks karena otak melepaskan hormon endorphin, dopamine, adrenalin, serotonin secara bersamaan. Secara khusus dalam gerakan senam well-being disisipi gerakan tepuk tangan dan teriakan pada bagian tertentu yang berfungsi mengeluarkan hormon endorphin dan dopamine  yang dapat meningkatkan perasaan dan memperbaiki suasana hati.

Untuk siapa Senam well-being?

Untuk “kamu”… iya “kamu” asal  “kamu mau” melakukannya.
Meskipun “kamu” adalah Abah-abah, Enin-enin, Ibu-Ibu/ Bapak-bapak/ Kakak/Adik,semua bisa melakukan senam well-being.
Senam well-being dapat dilakukan oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun. Kamu juga dapat melakukan senam well-being sendirian maupun berkelompok agar lebih asyik.

Dimana belajar Senam Well Being?

Kamu bisa melihat tutorial “Gerakan senam well-being” di youtube lalu kamu ikuti gerakannya atau kamu bisa datang ke Taman Dago Cikapayang Kota Bandung (sesuai jadwal kekasih juara*) lalu kamu ikuti kegiatan senam bersama warga se-Jawa Barat.

Mayrinda Ratualep, S.Psi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *