RINDU. Penuh Inspirasi. Kasuat-suat. Berbagai perasaan muncul saat mengikuti acara Buka Puasa Bersama Himpsi Jabar Sabtu (18/5) lalu yang bertempat di Delapan Padi Bandung. Acara tersebut menghadirkan 4 orang tokoh Psikologi Jawa Barat sebagai narasumber pada format Talk Show, yaitu Prof. Dr. Sawitri Supardi Sadarjoen, Psikolog; Prof. DR. Juke Roosjati Siregar, M.Pd., Psikolog; Dr. Indun L. Setyono, M.Psi. Psikolog; Dr. Retno Hanggarani Ninin, M.Psi., Psikolog. Moderator acara talkshow tidak lain adalah Ketua Himpsi Jabar sendiri Aria Arayana P. Siregar, M. PsiT., MM. HRM, berhasil memunculkan berbagai cerita lucu terkait pengalaman narasumber pada awal membangun dan mengembangkan praktek psikologi di area yang menjadi passion masing-masing.

Sejumlah 64 anggota Himpsi Jabar yang menghadiri acara Buka Bersama kerap kali tergelak ketika guru, idola, mantan dosen wali, mantan atasan, kakak kelas, sahabat dan rekan kerja mereka ini menceritakan pengalaman suka maupun duka ketika awal mula praktek psikologi yang dilihat melalui sudut pandang jenaka. Sungguh melegakan dan memberikan semangat ketika mengetahui bahwa ‘suhu’ psikologi idola kita juga pernah mengawali karir dari kualitas newbie seperti wajarnya setiap psikolog yang baru lulus kuliah. Pesan mereka untuk psikolog-psikolog muda antara lain adalah: jangan takut mencoba, rajin membaca, rajin menulis, terus belajar dan memperluas wawasan, serta selalu mempertahankan jiwa ingin menolong orang lain. Yakinlah bahwa pendidikan psikologi yang telah ditempuh telah berhasil menanamkan pengetahuan dan modal keterampilan penanganan kasus-kasus psikologi. Tanggung jawab untuk mengembangkan keahlian psikologi dalam bidang yang menjadi area passion masing-masing terletak di pundak seluruh generasi muda Psikologi Jawa Barat.

Acara tersebut berlangsung dengan penuh keakraban, ajang silaturahmi bagi anggota Himpsi Jawa Barat mengingat bahwa acara ini juga dihadiri oleh perwakilan beberapa Institusi yang sering berkolaborasi antara lain DISPSIAD, POLDA Jabar, Partner Inc, Center of Behavioral Research, Swaparinama, Dwipayana, Purposive, perwakilan Universitas (UNPAD, UNISBA, Maranatha, UIN, UPI, Unjani, PASIM). Melalui penyelenggaraan berbagai acara sejenis, Pengurus Himpsi Jabar senantiasa berupaya untuk menyatukan dan memunculkan talenta psikologi Jawa Barat. Tujuan besar yang ingin dicapai adalah peran serta Psikologi yang semakin besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia tercinta.

Dian Suryaningrum, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Kalau udah bosen jadi psikolog, kayaknya bercita2 punya animal shelter....
😹😹😹